Resep: Soto Banjar Khas Kal-Sel Kekinian

Soto Banjar Khas Kal-Sel. Resep Soto Banjar Khas Kalimantan Selatan. Soto Banjar Udah pernah coba soto banjar? Soto ini menggunakan bahan utama ayam dan menggunakan rempah-rempah sebagai bumbunya.

Soto Banjar Khas Kal-Sel Meskipun resep tradisional asli soto ayam banjar ada susu cair. Bagi warga banjarmasin masakan soto ayam banjar kuah susu merupakan resep khas daerah suku banjar. Explore Yosika ( happyholiday.travel )'s photos on Flickr. Kalian dapat menyiapkan Soto Banjar Khas Kal-Sel hanya dengan menggunakan 25 bahan dan 3 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep Soto Banjar Khas Kal-Sel!

Bahan-bahan Soto Banjar Khas Kal-Sel

  1. Sediakan 1/2 ekor of ayam kampung, potong-potong (bisa diganti ayam negeri).
  2. Gunakan 1 liter of air.
  3. Sediakan 2 bungkus of soun, rendam air panas, tiriskan.
  4. Diperlukan of Daun bawang seledri + 1 siung bawang putih untuk merebus ayam.
  5. Siapkan of Bumbu halus.
  6. Gunakan 5 siung of bawang putih.
  7. Dibutuhkan 8 butir of bawang merah.
  8. Sediakan 3 cm of jahe.
  9. Sediakan 1 sdt of lada butir.
  10. Dibutuhkan of Bumbu aromatik.
  11. Siapkan 10 buah of kapulaga.
  12. Diperlukan 1 sdm of kas-kas.
  13. Siapkan 2 lembar of geganti, rendam air sebentar.
  14. Diperlukan 6 buah of cengkeh.
  15. Diperlukan 1 jari of kayu manis.
  16. Diperlukan 4 buah of pekak/kembang lawang.
  17. Dibutuhkan 1 1/2 sdt of garam.
  18. Sediakan 1 sdt of gula pasir.
  19. Dibutuhkan 1/2 sdt of kaldu jamur.
  20. Siapkan of Pelengkap.
  21. Gunakan of Daun bawang seledri.
  22. Dibutuhkan of Bawang goreng.
  23. Sediakan of Telur rebus.
  24. Dibutuhkan of Sambal.
  25. Siapkan of Limau kuit/jeruk nipis.

KOMPAS.com - Soto banjar adalah soto khas Suku Banjar, Kalimantan Selatan. Soto ini terkenal dengan aroma harum rempah-rempah yang khas. Kuah soto banjar juga berciri khas tampak keruh karena dicampur dengan susu kental manis atau telur. Selain itu soto banjar juga ditambahkan.

Cara membuat Soto Banjar Khas Kal-Sel

  1. Didihkan air secukupnya, masukkan ayam. Aduk-aduk sebentar sekitar 3 menit. Buang air rebusan, ganti dengan 1 liter air baru. Rebus ayam sampai empuk bersama daun bawang seledri dan 1 siung bawang putih yang dimemarkan.
  2. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan tumisan bumbu dalam air rebusan ayam, tambahkan bumbu aromatik, garam, gula, dan kaldu jamur. Didihkan kembali. Koreksi rasa. Angkat ayam, suwir-suwir.
  3. Dalam mangkok/wadah saji, tata soun, beri suwiran ayam, tuangkan kuah. Tambahkan telur rebus, taburi dengan daun bawang seledri dan bawang goreng. Sajikan bersama sambal dan jeruk limau/jeruk nipis.

Soto Banjar paling Otentik selain di banjar, ada ketupat kandangan, sate ayam dan sate itik, ikan gabus, ayam masak habang. Disini jg jual lampit, tikar khas banjar, aksesoris banjarmasin, nasi kuning dan ketupat kandangan hanya di jual pada hari sabtu dan minggu. Soto Banjar adalah soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam serta memiliki aroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkih. Soto Banjar adalah soto ayam berempah yang lahir di tengah masyarakat suku Banjar di Kalimantan Selatan. Bisa dibilang juga bahkan hidangan ini adalah salah satu masakan terpopuler dari Kalimantan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep: Soto Banjar Khas Kal-Sel Kekinian"

Posting Komentar